Pemda Kota Cirebon Teken MoU Gerakan Menuju 100 Smart City Dengan Kominfo RI

MAKASSAR – Pelaksanaan Indonesia Smart City Summit 2017 dengan program Gerakan Menuju 100 Smart City, di Four Points by Sheraton Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (22/5) berjalan lancar. Pemerintah Kota Cirebon yang diwakili Sekretaris Daerah menandatangani kerjasama Smart City bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI dari 25 Kota/Kabupaten se Indonesia yang masuk pada tahap pertama. Selain Sekda, delegasi dari Kota Cirebon yakni Wakil Ketua DPRD, Hj Lili Eliyah, Kepala DKIS, Iing Daiman beserta jajarannya menyaksikan MoU gerakan menuju 100 Smart City.

Hal ini seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (DKIS) melalui Sekretaris, Makruf Nuryasa bahwa, Gerakan Menuju 100 Smart City diprakarsai oleh Kementerian Informasi dan Komunikasi bekerja sama dengan Kemendagri, Kementerian PU, Kementerian PPN/Bappenas dan Kompas Gramedia. Masih kata Makruf, sebanyak 25 Kabupaten/Kota yang terpilih sebagai Smart City pada tahap pertama ini hadir untuk melakukan penandatanganan MoU dengan Kementerian Informasi dan Komunikasi.

“Tahap pertama ini ada 25 Kota/Kabupaten yang langsung MoU dengan Kominfo,” paparnya.

Masih kata Makruf, Kabupaten/Kota tersebut yakni Semarang, Sleman, Singkawang, Makassar, Bogor, Tomohon, Badung, Siak, Mimika, Gresik, Jambi, Sidoarjo, Bandung, Cirebon, Bekasi, Purwakarta, Sukabumi, Samatinda, Tanggerang Selatan, Kutai Kartanegara, Kota Tanggerang, Banyuasin, Pelalawan, Bojonegoro, dan Banyuwangi. Dimana, lanjut dia, tahap awal ini, hanya 25 Kabupaten Kota terpilih yang melakukan MoU dengan Kemenkominfo untuk Smart City. Sementara 75 kota sisanya ditargetkan akan tercapai hingga tahun 2019 mendatang.

“Program ini kan masih panjang hingga 2019 nanti,” katanya.

Pihaknya berharap dukungan semua pihak atas program yang sudah ditandatangani oleh Pemerintah Daerah Kota Cirebon bersama Kemkominfo tersebut, agar banyak manfaatnya. Tentunya program Smart City ini harus melibatkan semua pihak agar berjalan baik dan syaratmanfaat demi kemajuan daerah.

Dikutip dari halaman www.cirebonpos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.