Wujudkan Cirebon Kota Cerdas (Smart City) Berbasis Kearifan Lokal

CIREBON- Keseriusan Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan implementasi Kota Cerdas atau yang lebih dikenal dengan smart city rupanya kian serius. Hal ini dibuktikan dengan salah satu cara menggelar kegiatan Focus Group Discusiion yang dilaksanakan di Ruang Command Center Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Selasa (22/05).

Kegiatan FGD ini dipimpin secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs. Asep Dedi M.Si dan dihadiri oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Hukum dan Politik, Kepala DKIS beserta jajarannya, perwakilan Seniman dan Budayawan Cirebon, RTIK, Unsur SKPD terkait, Perwakilan Keraton Kasepuhan, Kacerbonan, Kanoman dan Komunitas Film dan Mural di Kota Cirebon.

Pada pertemuannya tersebut, Kepala DKIS, Iing Daiman, S.Ip.,M.Si menjelaskan berbagai program dan aplikasi yang sudah diterapkan di Kota Cirebon sebagai upaya membantu penyelesaian permasalahan yang ada di Kota Cirebon secara cerdas.

“Pertemuannya ini dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan Cirebon Kota Cerdas yang berbasis kearifan lokal, program Smart City tidak melulu berbasis teknologi tetapi bisa mengangkat setiap potensi yang ada di Kota Cirebon seperti halnya potensi budaya di Kota Cirebon, “ Tuturnya.

Iing juga menjelaskan bahwa Kota Cirebon telah memiliki tag line yaitu “The Gate Of Secret”. Namun iing juga mengatakan tag line ini perlu lebih dipublikasikan agar membumi. Selain itu juga Iing mengatakan tujuannya dilakukan kegiatan ini sebagai bentuk kesiapan Pemda Kota Cirebon dan masyarakat Kota Cirebon akan perkembangan Kota Cirebon dimasa mendatang.

“Kota Cirebon telah ditetapkan sebagai metropolitan area di Wilayah Timur Jawa Barat, untuk itu kita perlu mempersiapkan diri menghadapi segala hambatan dan tantangan, konsep Smart City diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cerdas sesuai dengan kemampuan yang ada di Kota Cirebon,” Imbuhnya.

Sementara itu menurut Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs. Asep Dedi menjelaskan sebagai Kota yang mempunyai potensi di bidang budaya pariwisata, Kota Cirebon mempunyai sejarah panjang akan budaya dan pariwisata harus benar-benar diperhatikan, termasuk dalam setiap program Smart City yang mengangkat kearifan lokal di Kota Cirebon.

“Branding Kota ini sebenernya sudah tujuh tahun yang lalu kami buat namun masih dalam proses evaluasi dan semoga di tahun ini dapat tercetus sesuai dengan potensi yang ada disini. “Tuturnya.

Asep Dedi juga menjelaskan Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan mendukung dan menerima berbagai aspirasi dari setiap seniman dan budayawan Kota Cirebon dalam memajukan Kota Cirebon.

1 thought on “Wujudkan Cirebon Kota Cerdas (Smart City) Berbasis Kearifan Lokal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.