Aplikasi LAPOR Permudah Saran dan Kritik Masyarakat

CIREBON-Aplikasi Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) membantu masyarakat untuk mempermudah melakukan pengaduan, kritik, saran dan lainnya tanpa menyebarkan identitas. Masyarakat cukup menggunakan format Short Message Service (SMS) ke 1708 atau website www.lapor.go.id.

Demikian diungkapkan Pj. Wali Kota Cirebon, DR. H. Dedi Taufik, MSi dalam sosialisasi LAPOR atau Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) pada acara car free day (CFD) di Jalan Siliwangi Depan Balaikota Cirebon, Minggu (15/7). Dedi mengatakan apreasiasi kegiatan launching aplikasi LAPOR yang mengemas berbagai kebudayaan dan kesenian yang ada di Kota Cirebon.

“Semua masyarakat yang hadir disini diharapkan dapat memberikan sosialisasi ke sanak saudara maupun lingkungan sekitar mengenai aplikasi LAPOR. Karena aplikasi ini sangat berguna untuk kemajuan di berbagai lini,” ungkap Dedi.

Dedi menambahkan LAPOR ini merupakan aplikasi yang membantu masyarakat untuk mempermudah melakukan pengaduan baik kritik, saran dan lainnya tanpa menyebarkan identitas. Warga cukup menggunakan format SMS atau website serta akan direspon oleh Pemerintah Daerah hingga Pusat karena terintergrasi.

“Masyarakat yang hadir disini selain menikmati hiburan dari acara diharapkan bisa memahami apa itu aplikasi LAPOR. Semua tim penyelenggara harus mampu memberikan pemahaman bagi masyarakat yang hadir di acara ini,” kata Dedi.

Tampak kegiatan sosialisasi berjalan ramai dan meriah dengan melibatkan beberapa kesenian di Kota Cirebon. Ratusan warga memadati CFD menyaksikan sosialisasi dengan berbagai hiburan yang disediakan. Beberapa kesenian antara lain Tari Liong dari perkumpulan Singa Mas, Gardu Musik Angklung PWY, Distro Film Cirebon dan Distro Topeng Cirebon. Selain itu juga ikut memeriahkan pengurus dan anggota FORMI, komunitas sepeda onthel, egrang Trusmi dan lainnya.

Kegiatan juga dihadiri Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy, Dandim 0614/SGJ, Letkol Inf Heri Rustanto, Ketua Pengadilan Negeri Cirebon, Suharno, SH, MH, Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Pelayanan Informasi Publik Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, Emida Suparti, SH., MAP dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon, Iing Daiman, SIP, MSi. Dedi bersama para undangan melepas balon sosialisasi LAPOR.

Sementara Emida menyampaikan jika aplikasi LAPOR sudah banyak mendapat respon positif dari masyarakat. Berbagai persoalan disampaikan SMS dan website terkait berbagai persoalan yang banyak ditemui.

“Sementara ini banyak keluhan seputar infrastruktur, lambatnya pembuatan KTP dan lainnya. LAPOR ini terintegrasi sehingga antara pemerintah pusat dan daerah secepatnya akan menangani bila ada keluhan. Kami harapkan masyarakat akan berperan aktif,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.