Game Literasi Digital “Dolanan I – Cakap” Karya Relawan TIK Kota Cirebon Resmi di Luncurkan Menteri Kominfo

Jakarta, Relawan TIK Kota Cirebon : Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara secara resmi meluncurkan sedikitnya 40 buku seri Literasi Digital yang kedua di Gedung Kemenkominfo, Rabu (26/9). Buku Seri Literasi Digital tersebut merupakan bagian dari *Gerakan Nasional Literasi Digital* yang digaungkan Kemenkominfo melaluli Siber Kreasi, Relawan TIK, ICT Watch dan lembaga lainnya.

Dalam peluncuran yang bertajuk Literasi Digital 2.0 tersebut, “Game Literasi Digital Dolanan I – Cakap” yang dibuat oleh Relawan TIK Kota Cirebon menjadi salah satu produk yang diluncurkan dan diapresiasi oleh Rudiantara sebagai bagian dari keterlibatan RTIK Indonesia pada program tersebut.

Terlebih, dalam sambutannya, Rudiantara berpesan agar para kolaborator Gerakan Literasi Digital dapat membuat karya yang bertujuan mencerdaskan masyarakat dalam hal penggunaan internet namun ramah anak dan orang tua. Sebab, saat ini penggunaan internet dan perangkat teknologi lainnya sudah melibatkan anak – anak. Meski hanya sekedar hiburan, faktanya, internet bagi anak – anak juga memiliki dampak negatif

Mewakili RTIK Kota Cirebon, Muhammad Arifin selaku Ketua Umum bersama Bayu Purnama Ramadhan, anggota Relawan TIK Kota Cirebon Bidang Humas dan Publikasi sekaligus penggagas Game Literasi Digital Dolanan I Cakap menghadiri Peluncuran Buku Literasi Digital 2.0 di Gedung Kementrian Kominfo,

Peluncuran tersebut hadiri beberapa tamu undangan dari perwakilan komunitas dan lembaga terkait lainnya yang turut serta mendukung dan berkontribusi dalam mensukseskan acara tersebut.

Selain seremonial peluncuran buku, para peserta dan tamu undangan juga dapat melihat pameran buku hasil karya beberapa komunitas dalam Literasi Digital 2.0.

Di sesi yang kedua ini sedikitnya terdapat 40 buku dan satu gameboard dari RTIK Kota Cirebon. Sementara saat peluncuran sesi pertama pada 31 Januari 2018 hanya terdiri dari 18 buku saja.

Relawan TIK Kota Cirebon sebagai agen perubahan informatika terus menggiatkan advokasi dan edukasi literasi digital dikota cirebon melalui beberapa kegiatan dan produk yang terus dikembangkan. Salah satunya ialah Game Dolanan I – Cakap yang dapat diakses di dolananyuk.id. ( Dolanan Yuk ! ). Rencananya, game tersebut akan diikut sertakan dalam lomba game board nasional, namun, oleh RTIK Pusat dan ICT Watch game tersebut diapresiasi serta layak menjadi bagian dari Gerakan Literasi Digital yang diluncurkan hari ini dijakarta.

Sementara untuk melihat seluruh buku Gerakan Literasi Digital Nasional dapat dilihat dan diunduh di literasidigital.id, melalui portal tersebut, masyarakat diperbolehkan mencetak dan memperbanyak seluruh materi pembelajaran dan produk yang tersedia. Beberapa tema – tema literasi digital yang tersedia diantaranya, Digital Lifestyle, Digital Governance, Digital Economi, Digital Parenting, Digital Talent, Penanganan Konten Negatif dan Produksi Konten Positif.

Oleh : Tim Humas dan Publikasi Relawan TIK Kota Cirebon

1 thought on “Game Literasi Digital “Dolanan I – Cakap” Karya Relawan TIK Kota Cirebon Resmi di Luncurkan Menteri Kominfo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.